DEFENISI DAN LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Menurut Muhibbin
Syah
1.
Psikologi Belajar ( bukan : ilmu jiwa belajar seperti yang disebut orang
beberapa decade yang lalu) aalah sebuah disiplin (cabang ilmu) psikolgi yang
berisi teori – teori psikologis mengenai belajar yakni teori- teori yang khusus
mengupas cara individu belajar atau mempelajari sesuatu. .
Ruang
lingkup psikologis mengenai
a.
Proses perkembangan peserta didik dihubungkan dengan belajar
b.
Proses belajar Peserta didik itu sendiri
(
Syah, Muhibbin., 2012. Psikologi Belajar.
Jakarta : Rajawali Pers.
Menurut Sri Esty W Djiwantum
2.
Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari belajar, pertumbuhan dan
kematangan pribadi, serta menerapkan
prinsip ilmiah tentang reaksi manusia yang mempengaruhi proses belajar.
(
Esty, Sri., 2006. Psikologi Pendidikan (
revisi 2). Jakarata : Grasindo
Ruang
lingkupnya :
Menurut Gleitmen ( dalam Daryono 2001)
3.
Psikologi dalam kegiatannya dengan manusia, didefenisikan sebagau ilmu
pengetahuan yang berusaha memahami perilaku manusia, alasan cara atau motivasi
mereka melakukan suatu perbuatan dan juga bagaimana mereka melakukan suatu perbuatan dan juga bagaimana mereka
berfikir dan berperasaan,
Ruang
lingkupnya
-
Memahami perilaku
manusia
-
Memotivasi melakukan suatu
perbuatan
(Dalyono,
M., 2001. Psikologi Pendidikan.
Jakarta : PT . Rineke Cipta)\
Menurut Djaimah B Saiful
4.
Psikologi belajar adalah sebuah disiplin psikologi yang berisi teori teori
psikologi mengenai belajar terutama mengupas bagaiamana individu belajar atau
melakukan pembelajaran.
Ruang
lingkupnya :
-
Masalah belajar
-
Proses belajar
-
Situasi belajar
(
Djaimah B, Saiful., 2011. Psikologi belajar.
Jakarta : Rineka Cipta)
Menurut Tardif dalam Haryu Islamuddin
5.
Psikologi Pendidikan menurut Tardif (1989) Sebuah bidang studi yang berhubungan
dengan penerapan pengtahuan tentang perilkau manusia untuk usaha-usaha
kependidikan yang mencakup :
a.
Context of teaching and learning ( berhubungan dengan situasi tempat terjadinya
proses belajar mengajar
b.
Proses of teaching and learning (berhubungan dengan tahapan – tahapan dalam
proses belajar mengajar
c.
Outcomes of teaching and learning ( berhubungan dengan hasil – hasil yang
dicapai dalam proses belajar dan mengajar.
Islamuddin,
Haryu., 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Pustaka pelajar
Posting Komentar